The Hohos
Image hosted by Photobucket.com
Thursday, July 13, 2006
kenapa gak boleh minum susu?
Menjawab pertanyaan Mbak Yanti, aku coba ngejelasin kenapa aku gak boleh mengkonsumsi susu sapi beserta olahannya.

Secara aku lagi ngejalanin immunoterapi biar bisa hamil, salah satu pemeriksaan yang musti dijalanin adalah Food Respon Test (FRT). Karena ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu ASA (anti sperma antibodi) jadi lebih tinggi atau jadi susah turunnya. Padahal untuk bisa hamil, ASA harus rendah.

FRT sendiri proses pemeriksaannya mirip sama pemeriksaan alregi di dokter kulit. Tangan kita di beri tanda seperti kotak kotak kecil kaya gitu, trus di tetesin ekstrak berbagai jenis makanan, ada 22 jenis makanan. satu kotak satu jenis makanan. Setelah itu di cungkil sedikit pakai alat khusus kulitnya, biar ekstrak makanannya masuk ke kulit. Setelah 20 menit kalau gak salah, nanti dilihat pake kaca pembesar apa ada reaksi.

Kalau tidak ada reaksi apa apa berarti negatif dan jenis makanan tersebut aman di konsumsi. Kalau timbul bentol, itu yang harus diperhatikan. +1 makanan tersebut sebaiknya dihindari, +2 makanan tersebut dilarang di konsumsi juga beserta olahannya.

Contoh: Jenis makanan yang +1 buat aku itu kuning telur, kacang kedelai, kacang mete dan ikan tongkol. Berarti aku harus menghindari jenis makanan tersebut. Masih suka tergoda sih, apalagi sama tempe penyet..tapi juga gak terlalu sering.

Jenis makanan yang +2 buat aku cuma satu, yaitu susu sapi beserta olahannya. Olahan yang dimaksud termasuk, yoghurt, keju, termasuk kue dan penganan lainnya yang berbahan dasar keju. Jadi, say goodbye to: tiramisu *hiks*, pizza *hiks*, ice cream *hiks* dan banyak lah..

Oh iya, aku emang sengaja gak ngejelasin sendiri secara detil tentang immunoterapi itu, soale takut salah jelasin. mungkin nanti kalo udah nambah ilmunya ya. makanya bisa dibaca disini aja ya.

posted by munky & yoga @ 11:22 AM  
6 Comments:
  • At 2:39 PM, Blogger Mama Zaza said…

    oalah te ungky jadi ga bisa minum susu sapi ya? olahannya juga ga boleh? padahal baru mo nawarin tiramisu nih... hihihi... :D

    kumaha? damang kan kehamilannya? :)

     
  • At 8:45 PM, Anonymous Anonymous said…

    waaa.. makasih penjelasannya Ky, meni lengkappp :)

    sabar2in dulu ya, ga makan es krim dll itu. malah bagus kan, ga gampang gemuk, hehe..

     
  • At 9:51 AM, Blogger Pinot W. Ichwandardi said…

    Jadi walopun udah hamil masih tetep perlu menghindari makanan2 itu ya, Ky? Dan apakah dikau akan berterapi terus sampe masa persalinan? cckk cckk cckkk...panjang juga ya terapinya. Moga lancar2 ya, Ky. Sun ah buat Deho :)

     
  • At 9:26 AM, Anonymous Anonymous said…

    pertanyaan sama kek dita.. kalow udah hamil masih harus menghindai ya ky? bukannya udah jadi?!? apa ntar trus bakalan ada miscarriage?

     
  • At 2:51 PM, Blogger Ophi Nurwicaksono said…

    Kyyyyy (HUGSSSSSSSS) sabar aja yahhh demi si dedek tersayang, insha Allah perjuangannya sukses..

    Pokonya harus kuat nahannya..inget2 weh wajah lucu si dede..hehehe...

     
  • At 1:09 AM, Blogger HARI HARI said…

    salam kenal..
    sy br selesai test ASA n ternyata hasilnya + mempunyai ASA yg sangat tinggi sedih sekali sih tapi agak deg2an jg setelah membaca blog mba klo hrs menjalani berbagai macam test terhadap makanan pemicu ASA uuuuhhh serem yag ditusuk jarum seperti tes alergi bgitu krn sy pernah n luar biasa sakitnya padahal dl itu cuma satu kali yaah semoga sy kuat n lebih berani d hehhe..good info.

     
Post a Comment
<< Home
 

Cerita tentang Keluarga Hoho. Komandan : Pak Hoho Kapten : Bu Hoho Anggota : KakaNay dan AdeYna
About Me

Image hosted by Photobucket.com

Dwiyoga Nugroho
Munky Tenriulang

Dusun Dangin Berawah, Desa Perancak, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, BALI

See my complete profile

www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Yoga & Munky. Make your own badge here.
What's New?

Moods

    suAsaNa haTi kAMi: The current mood of mikupuku at www.imood.com

YM

Kotak Pesan

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Cerita Paporit
Cerita Lalu
Arsip
Temans
Frensta!
Links
Kledids



BLOGGER

BlogFam Community

Yang Mampir