The Hohos
Image hosted by Photobucket.com
Monday, January 22, 2007
Hari-hari Azka di 'Asrama'
Karena lahir prematur, paru-paru Azka masih belum matang sempurna, jadi dia masih kesulitan untuk bernafas. 4 hari pertama di ruang isolasi bangsal anak, Azka masih pake bantuan semacam helm astronot dengan kadar oksigen 90%. Setelah itu, kadar oksigen diturunkan ke 60%, jadi Azka tidurnya pake selang oksigen yang dipasang di hidung. Hari2 terakhir di inkubator, oksigennya hanya 40%, lewat selang yang dipasang di inkubator. 2 hari terakhir, setelah keluar dari inkubator, Azka sudah bisa beradaptasi dengan udara ruangan, Alhamdulillah.

~ tempat tidur Azka di 12 hari pertama hidupnya ~

Bilirubin-nya juga sempat naik, 2 hari deh inkubator Azka disinari dengan Light Blue. Makanya kulitnya agak gosong, hehe. Mungkin seperti habis tanning, sunbathing di pantai Kuta.

Trombosit dan hb-nya naik turun, 2 kali tranfusi trombosit dan sel darah merah. Makanya Azka agak lama di RS, karena dokternya terus memantau trombosit dan hb-nya. Setelah stabil baru deh boleh pulang.

~Azka di inkubator, umur 2 hari, sudah pakai infus ~

Aku sendiri baru bisa liat Azka hari ke-3 pasca operasi. Dan ASI baru keluar setelah 3 hari. Setelah 5 hari Azka baru boleh keluar dari inkubatornya untuk belajar menyusu. Setelah lebih sering diberi ASI, kondisi Azka membaik. Aku sama Mas Yoga setiap hari bolak-balik nganter ASI yang di pompa sekalian kalau pas waktunya Azka makan, aku boleh menyusui. Masih dicampur dengan susu formula, bukannya tidak mau ASI ekslusif, tapi kondisinya waktu itu belum memungkinkan. Pokoknya apa yang terbaik aja deh buat Azka.

Jujur, kalo gak dikuat-kuatin liat kondisi Azka, aku bawaannya mau nangis melulu. Liat tangan mungilnya yang cuma sebesar jempol orang dewasa di pasangin infus, miris banget. Setiap 2 hari infusnya dipindah tempat, karena bengkak. Hasilnya tangan dan kakinya biru dan bengkak, sampai gak ada tempat lagi untuk pasang jarum infus.

12 hari dalam inkubator di ruang isolasi, setelah itu Azka dipindahkan ke kotak biasa di ruang observasi, dan besoknya pas aku datang untuk menyusui, Azka sudah nangkring di boks bayi biasa, bersama teman2nya yang baru lahir. Hehe, dia jadi bu RT saking lamanya dirawat.

Hari ke-13, Kamis pagi tali pusat Azka puput waktu mandi. Alhamdulillah. Hari ke-14, kami jemput Azka untuk pulang ke rumah Nin-nya. Berat badan Azka waktu pulang menyusut, jadi tinggal 2000 gram dari berat badan pas lahir (2300 gr). Sebelum pulang, aku sengaja datang pagi untuk belajar mandiin dan mijat bayi.

~ tante-tante perawat Azka ~

Setelah pulang, Alhamdulillah, ASI-ku mulai banyak. Insya Allah, ASI ekslusif buat Azka.

Selama Azka di asrama, selain aku dan Mas Yoga yang setiap hari mondar-mandir ngegerocokin perawat bekerja, Nin dan Dato (orang tua aku) juga Yangti dan Mbah Amat (orang tua Mas Yoga) juga sering nengokin Azka. Kecuali Nin yang memang kerja disana, selalu memantau kondisi Azka. Mungkin, perhatian yang tulus dari orang-orang tersayang juga yang bikin Azka bisa cepat sehat.

Sekarang Azka sudah pintar menyusu, kadang terlalu banyak malah, sampai2 muntah. Mudah2an bisa cepat besar ya neng, biar bisa diajak jalan2 ke mall sama ibu, hehehe.

~ Azka main sama kotep, boneka ayamnya ~

Jadi, kedepannya blog ini nanti bakalan banyak cerita dan foto tentang Azka. Maklum orang tua baru, hehe.

posted by munky & yoga @ 9:57 AM  
6 Comments:
  • At 9:37 AM, Anonymous Anonymous said…

    aduh si neng udah puyaang alhmdulillah syukur deh....sing cepet gede sing cepet cepet deh pokoknya ya biar bisa jd temen ibu buat maen ke mall cenah hahah

     
  • At 1:01 PM, Blogger SE said…

    Alhamdulillah dek'Azka udah bisa pulang, mimi yg bnyk yah nak biar cepet gede, ntar endutnya nyusul Shazma okehhh

     
  • At 8:50 PM, Anonymous Anonymous said…

    Alhamdulillah, sekarang Azka udah selalu di samping bunda-nya... Ditunggu ya cerita perkembangan Azka...

     
  • At 10:37 AM, Anonymous Anonymous said…

    senengnya udah di rumah ya... cepet gede ya Azka, biar bisa main ke Bandung, ketemu Teh Naila :D

    ::YANTI::

     
  • At 11:23 PM, Blogger Unknown said…

    Kisah perjuangan Azka, dimulai sejak pada saat dia baru lahir

     
  • At 11:23 PM, Blogger Unknown said…

    Kisah perjuangan Azka, dimulai sejak pada saat dia baru lahir

     
Post a Comment
<< Home
 

Cerita tentang Keluarga Hoho. Komandan : Pak Hoho Kapten : Bu Hoho Anggota : KakaNay dan AdeYna
About Me

Image hosted by Photobucket.com

Dwiyoga Nugroho
Munky Tenriulang

Dusun Dangin Berawah, Desa Perancak, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, BALI

See my complete profile

www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Yoga & Munky. Make your own badge here.
What's New?

Moods

    suAsaNa haTi kAMi: The current mood of mikupuku at www.imood.com

YM

Kotak Pesan

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Cerita Paporit
Cerita Lalu
Arsip
Temans
Frensta!
Links
Kledids



BLOGGER

BlogFam Community

Yang Mampir